Update

Monday, October 22, 2018

Sistem Operasi MAC (Macintosh Operating System)


MAC OS merupakan OS yang pertama menggunakan system GUI(Graphical User Interface). Para pemakai computer begitu takjub melihat macintosh yang snagat ramah melayani pemakai. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar yang ada. Mac OS dibuat khusus untuk computer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompabilitas dengan arsitektur PowerPC maupun X86.

Sejarah dan Perkembangan MAC OS

Apple pertama didirikan pada tanggal 1 april tahun 1976 oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insyiur Atari yang bernama Ronald Wayne. Sebelum membantu mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Pada saat itu, Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing. Produk pertama perusahaan Apple ini diberi nama Apple I diciptakan oleh Steve wozniak.


Apple I didasarkan pada 8-bit mikro prosesor, MOS 6502 Teknologi, hanya  efektif jika dijalankan di bawah 1 MHZ. 6502 adalah sama seperti mikroprosesor yang paling mahal dari Motorola pada saat itu. Pada saat itu, CPU Intel 8080 seharga $US 179 dan Motoroal 6800 seharga $US 170. Wozniak lebih tertarik pada Motorola 6800, tetapi harga keduanya terlalu mahal . Dia pun kemudian sadar, dan hanya mendesign komputer di atas kertas, menunggu hari di mana dia mampu membeli CPU.

Ketika MOS Technology memproduksi chip 6502 pada tahun 1976 dengan harga $US 20, Wozniak membuat sebuah versi BASIC untuk chip tersebut, dan mulai mendisain sebuah komputer untuk menjalankannya. Inilah mengapa Wozniak memilih MOS 6502.

Komputer telah dibangun dalam terminal video, socket untuk 8K bytes onboard RAM, sebuah alat penghubung Keyboard , dan sebuah  kaset board  yang akan bekerja bersama perekam kaset reguler. Komputer telah memiliki sebuah motherboard yang sederhana : dimana pengguna telah menyediakan sebuah kasus , yaitu  Sumber AC power (arus listrik), ASCII keyboard, dan a display device.


Apple l bisa secara langsung dihubungkan pada suatu televisi dengan suatu RF modulator muncul dalam suatu gulungan pajangan dengan 24 garis berbentuk  masing-masing  40 karakter. Produk ini diperkenalkan kepasaran dengan harga $666.66 termasuk 4KB RAM dan tape Apple basic.

Apple II Dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih, Apple II; Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini, monitornya tidak hanya bisa menampilkan teks, namun Apple II bisa menampilkan gambar, dan pada akhirnya, warna.

Pada saat yang sama, Jobs menekankan design casing dan keyboard yang lebih baik, dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung dinyalakan. Apple I hampir bisa seperti itu, namun pengguna masih harus memasang berbagai macam komponen dan menulis kode untuk menjalankan BASIC.


Dengan dana dan design casing yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an.yang termasuk kedalam tipe Apple II adalah Apple II+, IIE, IIC, IIC+, IIE Enhanced, IIE Platinum, dan terakhir 16-bit IIGS, diperkenalkan di tahun 1986.

Apple DOS

Tidak Lama setelah Apple II diluncurkan, pada bulan juli 1978 meluncurkan system operasi Apple berbasis DOS pertama.  ini disadari bahwa sebuah disk drive adalah sangat mendesak untuk komputer. Wozniak menciptakan suatu disain brilian untuk sebuah floppy disk drive, dan demikianlah yang dibutuhkan DOS. Apple Dos tidak diberi nama versi I namun disebut Versi 3.1 karena ini implementasu. Merupakan suatu pernbaikan perhitungan x.y  Paul Laughton. setiap kali ia meng-compile kembali source program: dimulai dengan x= 0, y= 1, dan setiap kali y mencapai 9, nilai x bertambah 1.Apple DOS beta telah diuji seperti Versi 3.

Apple Pascal

P-System dari Universitas California pada San Diego ( UCSD) adalah [yang] sangat populer pada tahun 1970′s dan  awal 80′s. Dua  mahasiswa UCSD , MARK  Allen dan Richard Gleaves mengembangkan Suatu  microprosesor 6502 interpreter pada musim panas 1978, Kemudiannya ini menjadi basis untuk Apple  II Pascal dilepaskan pada tahun 1979.

Apple CP/M

Di tahun1980 Microsoft memperkenalkan suatu co-processor circuit board dengan nama Softcard. itu mula-mula dinamakan Microsoft Z-80 Softcard. tetapi Microsoft lebih dulu menyebut kembali untuk menghindari gugatandari Zilog, pembuat Z-80. Softcard memungkinkan Apple II untuk menjalankan program Z-80 berbasis pada sistem operasi CP/M yang  mempunyai sebuah software  program perpustakaan, seperti dBase dan Wordstar. Selain dari Microsoft Ada  kartu  coprocessor lain seperti seperti Motorola 6809, kedua-duanya untuk Z-80.

Apple SOS

Apple III diperkenalkan pada tahun 1980 sebagai komputer untuk para pebisnis. System operasi baru ini diberi nama SOS (“sophisticated” operating system). Setiap  program SOS juga membaca sistem operasi ke dalam memori. Setiap DISK Aplikasi SOS terdiri dari satu kernel (SOS.kernel), satu interepter (SOS. Interept), di mana bisa menjadi aplikasi bagi dirinyasendiri, dan beberapa aplikasi yang digunakan,dan sebuah set drivers(SOS driver).

Apple ProDOS

ProDOS direales pertama dengan versi 1.0 pada oktober 1983, sebagai pengganti  untuk Apple DOS 3.3. Apple ProDOS ini merupakan peningkatan dari Apple SOS.

Versi terakhir Mac OS saat ini adalah Mac Os X yang diluncurkan pada tahun 2000. Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan.
Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.
Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.


Versi – versi Mac OS
System 1

Pada awal pembuatan, Apple memberikan nama system operasi buatannya belum menggunakan nama Mac tetapi disebut System. System 1 rilis pada 24 Januari 1984, ini merupakan system operasi pertama yang menggunakan GUI. Namun belum terlalu popular dikarenakan pada saat itu hampir semua user menggunakan komputer dengan command line. System 1 hanya bisa menjalankan 1 aplikasi saja.

System 2

Diperkenalkan pada April 1985. System 2.0 sudah dilengkapi dengan Finder 4.1 dan MiniFinder yang memberikan kecepatan lebih ketika membuka aplikasi. User juga dapat men-shutdown melalui menu yang sudah disediakan oleh System 2. Diperkenalkan juga cara pengambilan screenshot dengan menekan tombol shift + command + 3.

System 3

Dirilis pada bulan Januari 1986 dengan versi system 3.0, pada satu bulan berikutnya dirilis kembali system 3.1, pada Juni 1986 dirilis kembali versi Syste 3.2 dan pada awal tahun 1987 dirilis kembali System 3.3. System 3.0 sudah dilengkapi dengan Finder 5.1 yang memiliki kecepatan lebih baik dari versi sebelumnya. Sudah terdapat juga teknologi Disk Cache yang berfungsi untuk menyimpan kegiatan yang sering digunakan oleh memori.

System 4

Rilis pada Maret 1987, Apple memperkenalkan System 4.0 dengan Finder 5.4 yang sudah mempebaiki bug pada versi sebelumnya. Hanya bisa dijalankan di MAC dengan RAM 512Kb keatas. 1 bulan setelah rilis System 4.0, Apple merilis System 4.1 dengan Finder 5.5 yang bisa dijalankan MAC dengan RAM 1 Mb keatas.

System 5

Rilis pada bulan Oktober 1987, Apple memperkenalkan System 4.2 dengan Finder 6.0 atau bisa disebut dengan System 5. Proses copy paste lebih mudah dengan dilengkapi progress bar dan tombol cancel. Di versi ini juga terdapat fitur multitasking dari MultiFinder yang digunakan. Apple merilis kembali versi 4.3 dengan Finder 6.0 atau bisa disebut System 5.1 pada bulan November 1987.

System 6

Versi terbaru dari System 5.1 adalah System 6 yang di rilis oleh Apple pada bulan Juni 1988. System 6 dibuat lebih stabil dari versi sebelumnya, sudah bisa menjalankan Floppy Disk hanya dengan 300-400 Kb Ram yang menyisakan cukup RAM untuk membuka aplikasi lain.

System 7

Merupakan versi yang mengalami cukup banyak perubahan. Rilis pada mei 1991, System 7 hadir dengan berbagai aplikasi baru, stabilitas yang di tingkatkan, sert fitur – fitur baru lainnya. Sudah bisa melakukan share file di harddisk menggunakan network dan kebebasan membuka banyak aplikasi (multitasking). Apple merilis versi System 7.5 pada Januari 1995 dan System 7.5.3 pada Mei 1996. Pada awal tahun 1997, Apple merilis kembali versi terbaru yaitu System 7.6 yang menjadi cikal bakal perubahan nama OS buatan Apple dengan menggunakan nama Mac OS.

Mac OS 8

Rilis pada Juli 1997, Apple merilis versi terbarunya yaitu Mac OS 8. Ini merupakan pembaruan dari versi sebelumnya yang sudah di tingkatkan. Dan Mac OS 8 sangat laku di pasaran terhitung laku 1,25 Juta copy dalam waktu 2 minggu.

Mac OS 9

Diperkenalkan Apple pada Oktober 1999, Mac OS 9 sudah bisa menggunakan Multi User System yaitu setiap user dapat menyimpan data dan system setting mereka masing masing. Peningkatan dari segi implemantasi dan memori dari versi sebelumnya. Apple memperkenalkan fitur terbaru buatannya pada Mac OS 9 yaitu Apple Software Update untuk mengupdate OS.

Mac OS X 10.0 Cheetah

Rilis pada tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X 10.0 dengan nama kode Cheetah. Perubahan yang signifikan dari versi Mac OS X adalah dari segi tampilan user interface yang lebih menarik dan elegan, selain perbaikan bug dari versi sebelumnya, Apple juga banyak melakukan peningkatan di versi Mac OS X 10.0

Mac OS X 10.1 Puma

Rilis pada Oktober 2001, Mac OS X 10.1 adalah versi update dari Mac OS X 10.0 dengan nama code barunya yaitu Puma. Selain dari tampilan yang lebih modern, pada versi Mac OS X 10.1 sudah banyak mendapat dukungan untuk perangkat dan media seperti CD, MP3, printer, dll.

Mac OS X 10.2 Jaguar

Diperkenalkan pada Agustus 2002, Apple merilis kembali sistem operasinya dengan versi MAC OS X 10.2 yang mempunyai nama kode Jaguar.

Mac OS X 10.3 Panther

Rilis pada tahun 2003 dengan nama kode Panther, Apple memperkenalkan Mac OS X 10.3, selain dari segi tampilan yang selalu di update oleh Apple, versi 10.3 ini sudah dilengkapi dengan iChat AV untuk video konfrensi, terdapat finder satu akses ketika klik file dan folder.

Mac OS X 10.4 Tiger

Rilis pada April 2005 dengan nama kode Tiger, Apple merilis versi Mac OS X 10.4 dan merupakan Mac pertama yang dapat menggunakan Intel dimana sebelumnya hanya bisa menggunakan Power PC. Selain itu, Tiger sudah memiliki fitur terbaru seperti Dashboard (Widget), Spotlight (pencarian) dan Automator (optimasi.

Mac OS X 10.5 Leopard

Apple merilis kembali sistem operasi nya dengan versi Mac OS X 10.5 dengan nama kode Leopard pada tahun 2007. Dari tampilan desktop sudah sangat modern dibandingkan versi sebelumnya. Fitur baru yang terdapat di Mac OS X 10.5 Leopard yaitu Cover Flow di Finder dan Time Machine.

Mac OS X 10.6 Snow Leopard

Rilis pada tahun 2009, versi Mac OS X 10.6 diberi nama kode Snow Leopard. Versi banyak melakukan perubahan dari segi peningkatan kinerja, dan efisiensi.

Mac OS X 10.7 Lion

Pada tahun 2011, Apple merilis kembali Mac OS X dengan versi 10.7 yang mempunya nama kode Lion. Versi ini sudah bisa melakukan integrase yang lebih baik antara iOS dan Mac (system 1 – 9). Versi Lion ini juga merupakan versi pertama yang dapat di download dari Apple Store.

OS X 10.8 Mountain Lion

Rilis pada tahun 2012, Apple melahirkan kembali sistem operasi buatannya yaitu versi OS X 10.8 dengan nama kode Mountain Lion. Versi ini sudah bisa disebut tanpa menggunakan nama Mac lagi dan bisa disebut dengan versi OS X 10.7. Mendapat dukungan aplikasi iMessage, iCloud, dan integrasi yang lebih baik dengan social media seperti twitter.

OS X 10.9 Mavericks

OS X 10.9 dengan nama kode Mavericks diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2013. Update terbaru dari OS X Mavericks terdapat pada peningkatan ketahanan baterai, peningkatan Finder, perbaikan power users, dan integrase iCloud.

OS X 10.10 Yosemite

OS X 10.10 diberi nama kode Yosemite yang dirilis oleh Apple pada tahun 2014. Update yang dilakukan pada versi Yosemite terletak dari Grafis skeuomorphism yang diganti menjadi desain grafis datar dan efek tembus kabur. Selain dari desain, Yosemite juga melakukan perubahan pancahayaan dan skema warna gelap. Default font sebelumnya yaitu Lucida Grande diganti menjadi Helvetica Neue.

OS X 10.11 El Capitan

Rilis pada akhir tahun 2015, Apple merilis versi OS X 10.11 dengan nama kode El Capitan. Versi penerus dari Yosemite ini difokuskan pada peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan.


Kelebihan Mac OS :
  1. Multitasking
  2. Bisa mengenal file format windows
  3. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
  4.  Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
  5.  Open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak
  6.  Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
  7. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
  8. Lebih stabil
  9.  Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
  10.  Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
  11.  Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.


Kekurangan Mac OS :

  1. Mahal
  2. Hanya cocok untuk graphic designer
  3.  Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
  4.  Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  5. Software di Mac OS tidak begitu lengkap
  6. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game


Sumber 1 : https://irmandadwip.wordpress.com/2017/07/20/perkembangan-sistem-operasi-mac-os/
Sumber 2 : http://index5tkj.blogspot.com/2012/07/sejarah-macintosh-operating-system-mac.html

1 comment:

  1. Baccarat | Online gambling in Ireland explained | Welsh News
    Baccarat is a new type of game in the gambling industry The most common casino card 바카라 사이트 카지노 판 game is to play a single card and its variations.

    ReplyDelete